XCMG Diversifies Equity Ownership, Opening up 49% Equity to Unleash Market Potential.

XCMG Diversifies Equity Ownership, Opening up 49% Equity to Unleash Market Potential.

XCMG Mendiversifikasikan Kepemilikan Saham

OBSERVER, Produsen alat-alat konstruksi terkemuka asal Tiongkok XCMG (SZ: 000425) mengumumkan diversifikasi kepemilikan saham pada 22 September di Nanjing, Tiongkok. Aksi korporasi ini membuka babak baru sejak pendirian XCMG pada 1989. XCMG mengedarkan 49% sahamnya ke pasar guna merangsang potensi pasar dan menghadirkan berbagai peluang baru.

XCMG Mendiversifikasikan Kepemilikan Saham, Mengedarkan 49% Sahamnya untuk Menangkap Peluang Pasar

  • Mengalihkan saham senilai RMB 5,4 miliar (US$ 791 juta) kepada tiga usaha induk milik negara: Jiangsu Guoxin Investment Group Limited, CCB Financial Asset Investment Co., Ltd., dan BoCom Financial Assets Investment Co., Ltd.
  • Menjalin kontrak penambahan modal dengan 12 investor strategis dan wadah kepemilikan saham oleh pegawai (employee shareholding) dengan nilai total RMB 15,656 miliar (US$ 2,29 miliar).
  • Sebanyak 435 anggota tim inti XCMG berkontribusi senilai RMB 868,5 juta (US$127,39 juta) untuk memperoleh 2,7183% saham XCMG.

XCMG berhasil mengalihkan sahamnya senilai RMB 5,4 miliar (US$ 791 juta) kepada tiga usaha induk milik negara–Jiangsu Guoxin Investment Group Limited, CCB Financial Asset Investment Co., Ltd. dan BoCom Financial Assets Investment Co., Ltd. Selain itu, XCMG juga menjalin kontrak penambahan modal senilai RMB 15,656 miliar (US$ 2,29 miliar) dengan 12 investor strategis dan wadah kepemilikan saham oleh pegawai (employee shareholding).

Penambahan modal turut melibatkan 435 anggota tim inti yang dipimpin Wang MinChairman & CEO, XCMG. Kontribusi mereka mencapai RMB 868,5 juta (US$127,39 juta) untuk memperoleh 2,7183% saham XCMG.

“Masa depan XCMG harus diperbarui dengan kehidupan dan peluang baru. Reformasi yang ditempuh berdampak dan bermakna besar. Kami optimis bahwa mekanisme manajemen yang baru akan menghasilkan pengembangan bermutu tinggi, seperti litbang untuk teknologi inti hingga pengelolaan pasar,” ujar Wang.

Baca Juga:   Saatnya UMKM Harus Terintegrasi Dengan Pasar Global

Diversifikasi kepemilikan saham kelak membawa berbagai perubahan bagi XCMG di seluruh jenjang, termasuk merekrut kembali jajaran manajemen yang berorientasi pasar, memberikan tiga kursi direksi kepada 12 investor strategis demi menjamin mekanisme pengawasan perusahaan. Lebih lagi, XCMG ingin mengambil keputusan yang berorientasi pada pasar, serta meluncurkan kepemilikan saham oleh pegawai dan rencana insentif berbentuk saham, menerapkan rencana pembagian keuntungan, serta mekanisme kompensasi yang berbasiskan pasar bagi manajer profesional guna mendorong kontribusi yang lebih besar dari staf teknis dan manajemen.

Tentang XCMG

XCMG ialah perusahaan multinasional yang memproduksi alat berat dan telah beroperasi selama 77 tahun. XCMG saat ini berada di posisi keempat dalam industri alat berat konstruksi dunia. XCMG mengekspor produk-produknya ke lebih dari 187 negara dan wilayah di seluruh dunia.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan mengunjungi: www.xcmg.com, atau akun-akun XCMG di FacebookTwitterYouTubeLinkedIn, dan Instagram.