Tips Aman Agar Hemat Biaya Makan Saat Berwisata

OBSERVER – Pernahkah Anda merasa ongkos berwisata Anda terlalu besar? Bisa jadi itu disebabkan oleh biaya makan Anda yang terlalu mahal.

Salah satu cara untuk memangkas biaya jalan-jalan Anda adalah dengan mengurangi biaya makan. Tapi, bukan berarti Anda harus menahan lapar sepanjang hari atau berpuasa. Anda bisa mengurangi biaya makan Anda dengan membuat makanan sendiri. Walaupun tentunya membuat makanan sendiri bisa cukup menyita waktu, namun pilihan ini patut di perhitungkan. Siapa tahu saja Anda bisa berwisata lagi dengan hasil penghematan itu.

Beberapa cara bisa Anda lakukan untuk menghemat biaya berwisata sekaligus memaksimalkan membuat makanan sendiri.

1. Temukan penginapan yang punya dapur

Jika Anda sedang berwisata, menginaplah di apartemen, rumah, hostel, maupun hotel yang punya dapur di dalamnya. Minimal ada kompor listrik dan kulkas. Anda juga bisa memilih apartemen dengan fasilitas yang lengkap karena biasanya peralatan dapurnya juga sudah lengkap dan Anda tidak perlu membawa apapun dari rumah. Walaupun memang agak mahal di awalnya, namun Anda tidak akan menyesal karena biaya makan di restoran pasti lebih mahal.

Untuk Anda yang gemar berwisata di alam bebas, Anda juga bisa membawa beberapa peralatan masak khusus. Itu juga akan memudahkan Anda dan tentunya menghemat biaya jalan-jalan Anda.

2. Makanlah seperti penduduk lokal

Anda bisa menghemat lebih banyak uang jika mengikuti apa yang penduduk lokal makan. Anda juga bisa merasakan bumbu-bumbu khas lokal masing-masing negara atau daerah, bahkan bisa menghabiskan waktu lebih sedikit untuk memasak jika Anda mau makan makanan lokal. Selain rasanya yang khas dan enak, harga makanan lokal juga lebih murah dibandingkan makanan restoran.

Baca Juga:   Festival Seni Banyuwangi Kini Banyak Diminati Turis Manca

3. Beli bahan-bahan dasar untuk memasak

Tidak perlu khawatir akan bertambahnya beban jika Anda memilih memasak sendiri ketika jalan-jalan. Begitu Anda tiba di tempat tujuan, Anda bisa membeli bahan-bahan yang diperlukan di sana, seperti garam, merica, minyak, dan bahan dasar lainnya. Tak perlu repot membawa dari rumah. Utamakan membeli bahan-bahan pokok untuk sarapan karena itu penting, apalagi jika berpergian dengan anak-anak. Anda bisa membeli oatmeal, susu, yoghurt, atau roti.

4. Persiapkan menu

Agar tidak bingung dan terlalu banyak menyita waktu wisata Anda, ada baiknya jika Anda sudah mempersiapkan menu yang akan dimasak sebelum Anda bepergian. Tidak perlu rinci, tapi setidaknya Anda sudah punya perhitungan bahan apa yang harus dibeli dan dimasak nantinya. Jika ingin pergi ke toko untuk membeli bahan, Anda juga harus mempersiapkan daftar belanja terlebih dahulu agar tidak terlalu banyak bahan yang akan dibeli nantinya. Efisiensi adalah hal yang paling penting.

5. Buatlah makanan yang sederhana

Inilah alasan mengapa kemampuan memasak itu penting bagi para pejalan. Paling tidak memasak makanan sederhana saja, seperti nasi goreng, omelete, tumis sayur, dan kemampuan dasar memasak lainnya. Tidak perlu masak masakan yang rumit dan menyita banyak waktu, yang penting ada tenaga terisi unutk melakukan perjalanan, itu sudah cukup.

6. Bawalah wadah makanan dan botol minuman

Dengan membawa botol minuman sendiri, Anda akan menghemat pembelian air saat berwisata. Selain sehat dan terjamin kesehatannya, kantong Anda pun akan selamat. Membawa wadah makanan juga bisa mengurangi pengeluaran Anda. Anda bisa membawa makanan untuk di makan pada siang atau sore hari ketika berwisata. Tidak perlu harus pulang ke penginapan untuk makan, lalu pergi lagi. Praktis, bukan?