Tingkatkan Kemampuan SDM Syariah, Bank Sumut Bangun Sinergi dengan Muamalat Institute

[ad_1]

JAKARTA – Muamalat Institute (MI) bekerjasama dengan PT Bank Pembangunan Daerah Sumatera Utara (Bank Sumut) terkait dengan pelatihan pendidikan dasar perbankan syariah kepada karyawan atau jajaran staf perseroan.

Executive Director Muamalat Institute Anton Hendrianto mengatakan kolaborasi ini merupakan bentuk kepedulian Bank Sumut terhadap kualitas sumber daya manusia (SDM) yang ada di lingkungan perusahaan sekaligus wujud nyata pengembangan ekosistem syariah di Indonesia.

“Kami yakin dari inisiatif ini dapat mendorong kontribusi Bank Sumut terhadap peningkatan ekosistem dan bisnis syariah di Tanah Air, khususnya yang menyangkut dengan produk jasa keuangan,” ujarnya dalam keterangan pers seperti yang dikutip pada Senin, 14 Juni.

Menurut Anton, Bank Sumut mempunyai peran strategis dalam kemajuan ekonomi berbasis Islami di wilayah Sumatera. Pasalnya, bank kebanggaan warga Sumatera Utara itu merupakan mitra keuangan utama bagi pemerintah daerah setempat.

Selain itu, ibu kota Sumatera Utara yakni Medan, merupakan kota terbesar di Sumatera sekaligus terbesar ketiga di Indonesia. Untuk itu, pembekalan prinsip-prinsip syariah kepada SDM cukup penting dalam menangkap peluang pasar.

“Melalui peningkatan kompetensi karyawan, maka akan semakin banyak pemikiran positif dalam menghasilkan produk perbankan syariah yang lebih variatif dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang semakin beragam,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Bisnis dan Syariah Bank Sumut Irwan menyebut jika sinergi yang dibangun dengan Muamalat Institute merupakan rencana jangka panjang perseroan untuk mengembangkan produk perbankan berbasis Islami.

“Alhamdulillah, semakin banyak yang tergerak untuk lebih fokus pada ekonomi keuangan syariah. Saat ini kami menerapkan dual banking system secara seimbang kepada nasabah, dan terbukti mendapat tanggapan dan hasil positif untuk dapat terus berkontribusi pada industri ekonomi syariah nasional,” katanya.

Baca Juga:   Solskjaer Sebut Gelar Liga Europa akan Jadi Awal Kesuksesan MU

Sebagai informasi, Muamalat Institute merupakan sayap usaha dari PT Bank Muamalat Indonesia yang bergerak dalam bidang pendidikan, pelatihan, serta konsultasi jasa keuangan khususnya yang  bercorak syariah.

Adapun, Bank Sumut sendiri adalah lembaga perbankan yang sebagian besar sahamnya dimiliki oleh pemerintah provinsi Sumatera Utara sebagai pengendali perseroan. Dari sisi kinerja, Bank Sumut diketahui membukukan laba bersih Rp515 miliar pada sepanjang 2020 dengan catatan outstanding kredit sebesar Rp23,6 triliun.



[ad_2]

Sumber Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *