Terus Dipantau, AS Curiga Kapal Militer Iran Bawa Senjata untuk Venezuela

Memuat…

WASHINGTONAmerika Serikat (AS) terus melacak pergerakan kapal angkatan laut Iran yang menuju Karibia, terlupakan membawa senjata ke Venezuela .

“AS siap mengambil tindakan terhadap pengiriman senjata apa pun yang mungkin ada di dalamnya,” ungkap pejabat pemerintah AS pada Jumat.

“Pemerintahan Presiden AS Biden berhak mengambil tindakan, berkoordinasi dengan sekutu di kawasan, untuk mencegah transit atau pengiriman senjata,” ungkap salah satu pejabat AS.

Baca juga: Kapal Perang Iran Berlayar ke Atlantik, Media AS ke Gedung Putih: Jangan Sentuh!

Pejabat Departemen Luar Negeri (Deplu) AS menambahkan Washington siap menggunakan sanksi terhadap aktor mana yang memungkinkan penyediaan senjata Iran kepada mitra dan proksi yang kejam.

Baca juga: Mirip Kisah Nabi Yunus, Pencari Lobster Ditelan Paus, Lalu Dimuntahkan Lagi

Pertahanan (Menhan) AS Lloyd Austin mengatakan kepada komite Senat pada Kamis bahwa dia benar-benar prihatin dengan proliferasi senjata di Belahan Barat.

Baca juga: AS Cabut Blokir, Iran Lunasi Tunggakan ke PBB

Austin menanggapi komentar Senator Partai Demokrat Richard Blumenthal bahwa kapal Iran membawa rudal dan kapal cepat ke Venezuela.

“Membiarkan kapal ini berlabuh penting bagi saya di berbagai tingkatan,” ujar anggota parlemen dari Connecticut itu.

Dia menambahkan, “Ini akan menjadi pertama kali kapal-kapal Iran melakukan transit seperti itu dan preseden yang mengizinkan Iran menyediakan senjata ke wilayah itu membuat saya sangat khawatir.”

Saat didesak Blumenthal, Austin mengatakan dia lebih suka membahas tentang pertanyaan-pertanyaan tentang muatan kapal dalam sesi tertutup.

Pejabat Venezuela tidak menanggapi permintaan komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *