Kuliah Online

STIE Mulia Pratama Terapkan Program Kuliah Jarak Jauh

OBSERVER – Pimpinan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Mulia Pratama telah menyiapkan sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) sebagai respon atas pandemik covid-19.

Penerapan sistem kuliah jarak jauh ini dilakukan untuk mencegah penyebaran infeksi Covid-19 di lingkungan kampus dan mengantisipasi berbagai keadaan yang mungkin terjadi.

Ketua Yayasan Mencerdaskan Bangsa, pengelola STIE Mulia Pratama Abadi Ika Setiawan mengatakan selama masa pandemi virus corona, STIE Mulia Pratama memutuskan untuk mengubah KBM dalam bentuk kuliah tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh (PPJ). Keputusan ini berlaku sejak Rabu 18 Maret 2020 hingga semester genap berakhir.

“STIE Mulia Pratama tetap melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dengan menerapkan kebijakan PJJ sejak Maret kemarin hingga berakhirnya semester genap Tahun Ajaran 2019/2020, mengubah KBM dalam bentuk kuliah tatap muka menjadi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ),” ujar Abadi Ika Setiawan dalam keterangan tertulisnya kepada Observer di Jakarta, Jumat (9/6/2020).

Dalam penerapan pembelajaran jarak jauh di STIE Mulia Pratama ini, seluruh dosen dan mahasiswa mempergunakan teknologi dalam pembelajaran. Salah satu kampus terbesar di Bekasi Jawa Barat ini berusaha sebaik mungkin menyiapkan panduan-panduan untuk mendampingi dosen dan mahasiswa dalam menyelenggarakan pembelajaran.

STIE Mulia Pratama merupakan salah satu Sekolah Tinggi Ekonomi terbaik yang kampusnya berlokasi di Bekasi Jawa Barat. Kampus ini berusaha menghasilkan berbagai inovasi model pembelajaran. Sehingga menghasilkan sarjana yang memiliki kompetensi keilmuan yang baik dan tepat untuk meningkatkan karir.

Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang diselenggarakan STIE Mulia Pratama menggunakan sistem teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sebagai sarana penunjang proses pembelajaran. Penggunaan TIK dalam proses pembelajaran akan menjadikan proses pembelajaran tersebut berbasis e‐learning terbaik.

Baca Juga:   UN Tidak Lagi Relevan Untuk Diadakan, Ini Alasannya

Saat ini penggunaan e‐learning sebagai media pembelajaran di STIE Mulia Pratama mengalami peningkatan dengan pesat karena kampus telah memfasilitasi perkuliahan e‐learning melalui layanan dan fasilitas yang memenuhi standar penjaminan mutu e‐learning.

Menurut Abadi Ika Setiawan, dengan menyelenggarakan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ), STIE Mulia Pratama diharapkan dapat mengoptimalkan layanan Pendidikan Tinggi kepada kelompok masyarakat yang tidak dapat mengikuti pendidikan secara tatap muka dan reguler dengan mempermudah akses pembelajaran & sumber belajar sehingga dapat dijangkau oleh peserta didik di seluruh Indonesia.

“Salah satu manfaatnya dari PJJ adalah selain memperluas akses pendidikan, juga mampu mengoptimalkan interaksi tetap dapat berlangsung dengan memanfaatkan teknologi meskipun pendidik dan peserta didik terpisah secara geografis,” kata Doktor Ekonomi.

Sehingga, lanjut Abadi Ika Setiawan materi pembelajaran dapat diakses kapan saja dan dari mana saja dengan berbagai media daring. “Aktivitas belajar disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan peserta didik. Sehingga peserta didik dapat belajar secara mandiri,” kata Abadi.

Peserta didik mengikuti salah satu mata kuliah program Pendidikan Jarak Jauh yang tersedia di STIE Mulia Pratama. “Peserta didik hanya mengikuti perkuliahan mata kuliah tersebut dan memperoleh kredit akademik sesuai dengan jumlah SKS mata kuliah yang bersangkutan,” katanya. (edo)