Serangan Taliban Menggila, Tajikistan Siap Tampung 100.000 Pengungsi Afghanistan

Memuat…

DUHANBETajikistan sedang bersiap siap hingga 100.000 pengungsi dari negara tetangga Afganistan . Saat ini serangan Taliban melawan pasukan Afghanistan semakin menggila saat pasukan pimpinan Amerika Serikat mundur.

Gerilyawan Taliban menguasai lebih banyak wilayah di Afghanistan seiring perginya pasukan asing di negara itu.

Menurut perkiraan Pentagon, sekarang wilayah-wilayah yang dikontrol Taliban meluas ke lebih dari setengah tengah Afghanistan.

Baca juga: Serangan Kian Hebat, Taliban Klaim Kuasai 90% Perbatasan Afghanistan

Wakil Kepala Komite Darurat Tajikistan Imomali Ibrohimzoda mengatakan bekas republik Soviet itu telah membangun dua gudang besar untuk menyimpan persediaan kebutuhan bagi para pengungsi di provinsi Khatlon dan Gorno-Badakhshan yang berdekatan dengan perbatasan Afghanistan.

Baca juga: Palang Merah Sebut Afghanistan Masih Jadi Tempat Paling Mematikan di Dunia

Beberapa ratus warga sipil Afghanistan melaporkan diri ke Tajikistan bulan ini tetapi pemerintah Dushanbe mengatakan mereka telah kembali ke Afghanistan.

Baca juga: Militer Denmark Lihat Dua Kapal Perang Iran di Laut Baltik, Diduga ke Rusia

Gelombang dari Afghanistan akan segera terjadi seiring dengan datangnya serangan-serangan Taliban ke wilayah-wilayah yang dikontrol pemerintah Kabul.

Kelompok Taliban mengeklaim telah menguasai 90% perbatasan Afghanistan menyusul serangan mereka yang semakin hebat saat pasukan Amerika Serikat (AS) dan sekutunya hengkang.

Klaim itu disampaikan juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid. Namun, klaim tersebut belum bisa diverifikasi secara independen.

(sya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *