Saham Tesla Melonjak 8 Persen Pasca Alami Kenaikan Pengiriman

OBSERVER – Saham Tesla Inc melonjak hampir 8 persen dalam perdagangan pre-market pada Senin (5/4/2021).

Peningkatan saham itu dipicu oleh pabrikan mobil listrik asal Amerika Serikat (AS) ini yang membukukan rekor pengiriman untuk kuartal pertama tahun ini (Januari-Maret) mencapai 184.800 unit secara global.

Angka ini merupakan rekor baru Tesla dibanding periode yang sama tahun lalu sebesar 180.570 unit. Dan, angka tersebut sekaligus melebihi perkiraan semula sebesar 177.822 unit kendaraan, menurut data Refinitiv, seperti dikutip dari Reuters, Senin (5/4/2021).

Rekor baru pengiriman pada kuartal pertama tahun ini didorong oleh permintaan kuat untuk model yang lebih murah di tengah kekurangan pasokan suku cadang dan chip semikonduktor secara global.

“Kami didorong oleh penerimaan yang kuat dari Model Y di China dan dengan cepat berkembang ke kapasitas produksi penuh,” kata Tesla dalam sebuah pernyataannya pada Jumat (2/4/2021).

Sedangkan analis JPMorgan dalam sebuah catatan menyebut kemampuan Tesla untuk memproduksi jumlah kendaraan yang kira-kira sama pada kuartal pertama seperti pada kuartal keempat relatif lebih menonjol terhadap tren produksi kendaraan yang lebih murah secara global.

Saham Tesla naik hampir 8 persen pada US$714 dalam perdagangan sebelumnya, sementara pembuat mobil lainnya, termasuk NIO Inc dan Workhorse Group, saham mereka naik 1 persen dan 4 persen.

close