Perluas Jangkauan Pasar, Sirclo Akuisisi Orami

OBSERVERE-commerce enable Sirclo mengakusisi Orami, perusahaan parenting yang menggabungkan commerce, content, dan community dalam satu aplikasi. Melalui akuisisi ini, kedua perusahaan memanfaatkan teknologi end-to-end untuk meningkatkan visibilitas, memperluas kategori produk, hingga menjangkau konsumen lebih luas. Sirclo membantu brands berjualan online melalui ragam solusi. Misalnya Sirclo Store bagi UMKM dan Sirclo Commerce bagi enterprise brands untuk memasuki jalur distribusi online.

Sedangkan Orami merupakan parenting platform dan e-commerce vertical dengan jumlah pengguna aktif lebih dari 5 juta per bulan. Platform ini mewadahi para ibu dalam komunitas parenting dan berbelanja kebutuhan rumah tangga. Orami memiliki situs belanja online yang memfasilitasi brands ternama dalam menjual produk kebutuhan ibu dan anak.

Melalui akuisisi ini, Orami dapat fokus pada aspek strategis bisnis saat terjun ke kanal e-commerce. Adapun pengelolaan penjualannya diserahkan kepada Sirclo melalui solusi omnichannel yang dihadirkan.

Pendiri dan CEO Sirclo, Brian Marshal, mengatakan kolaborasi ini dapat memperluas layanan enabler yang ditawarkan oleh Sirclo untuk brand yang ingin memasuki pasar online.

“Kami punya misi untuk menggabungkan kekuatan dalam membantu brands berjualan online dengan lebih strategis, terukur dan efisien,” tuturnya.

Sementara itu, CEO Orami, Ferry Tenka mengatakan sinergi ini adalah peluang yang sangat besar untuk mengakselerasi pertumbuhan Orami dan mengakomodasi kebutuhan brands maupun konsumen. “Kami sangat senang bisa bergabung di keluarga besar Sirclo,” ujarnya.

Kedua perusahaan ini bermisi mendongkrak potensi social commerce untuk memberdayakan mompreneurs berbisnis serta memiliki penghasilan tambahan dengan cara menjual ragam produk dalam platform Orami ke komunitas sekitar.

Aksi akuisisi ini akan menggabungkan hampir 1.000 karyawan, di mana Orami akan terus beroperasi sebagai entitas mandiri yang terintegrasi dengan layanan yang ditawarkan Sirclo.

Baca Juga:   Atta Halilintar Akan Ikuti Raffi Ahmad Terjun Ke Dunia Sepak Bola?

Ferry Tenka akan mengambil posisi baru sebagai CMO SIRCLO dan Hendrawan Kartika (Presiden Orami) sebagai CFO SIRCLO.

Pada 2020, Sirclo mencatat lonjakan transaksi hingga 4x lipat yang didukung oleh perubahan perilaku konsumen selama pandemi COVID-19. Sirclojuga mendulang profit secara operasional di akhir tahun 2020, dan dengan omzet gabungan mencapai Rp3,3 triliun.

close