Peneliti Temukan Kaitan Kesehatan mulut dan Infeksi Covid-19

[ad_1]

loading…

JAKARTA – Setiap bagian tubuh manusia berfungsi sebagai indikator kesehatan tubuh secara keseluruhan. Tak terkecuali kesehatan mulut yang juga merupakan faktor penting menuju kesehatan holistik.

Selama masa-masa pandemi Covid-19 seperti sekarang, penting untuk mewaspadai tanda dan risiko yang dapat berdampak buruk bagi tubuh.

Sebuah penelitian baru-baru ini yang dilakukan oleh American Academy of Periodontology (AAP) menyoroti bagaimana kaitan antara kesehatan mulut dan tingkat keparahan infeksi Covid-19 .

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Periodontology tersebut, ditemukan bahwa kesehatan mulut dapat berkontribusi pada keparahan infeksi Covid-19 pada pasien.

Baca Juga : Bahaya di Balik Minuman Boba, Kenaikan Berat Badan hingga Diabetes

Presiden American Academy of Periodontology (AAP) Dr James G. Wilson, mengatakan Sudah terbukti bahwa peradangan sistemik tidak hanya terkait dengan penyakit periodontal tetapi juga beberapa penyakit pernapasan lainnya.

“Oleh karena itu, menjaga kesehatan gigi dan gusi dalam upaya untuk menghindari berkembangnya atau memburuknya penyakit periodontal sangatlah penting di tengah pandemi global seperti Covid-19, yang juga diketahui dapat memicu respons inflamasi,” ucap dr James dilansir Times Now News, Jumat (11/6).

Ia menjelaskan efek periodontitis atau umumnya dikenal sebagai penyakit gusi disorot pada penelitian ini. Periodontitis telah dianggap sebagai faktor risiko untuk sejumlah penyakit mulut dan sistemik.

Salah satu penulis penelitian, Wenji Cai, menuturkan bahwa kita perlu meningkatkan kesadaran lebih dan berupaya untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi, terutama selama pandemi Covid-19.

Baca Juga : Sudah Divaksin Tapi Positif Covid-19? Ini Penjelasannya!

“Periodontitis menyebabkan peradangan pada gusi dan, jika tidak ditangani, peradangan itu dapat menyebar ke seluruh tubuh. Pada pasien dengan kasus Covid-19 yang parah, virus tersebut menyebabkan respons peradangan yang dapat menyebabkan komplikasi seperti diintubasi atau bahkan kematian. Penelitian kami menunjukkan bahwa periodontitis dapat memperburuk hal ini,” papar Cai.

Baca Juga:   BTS Umumkan Rilis CD Butter pada 9 Juli, Ada Lagu Baru

Sementara itu ada beberapa langkah untuk menjaga kebersihan mulut dan gigi. Di antaranya hindari konsumsi gula yang berlebihan, pola makan yang seimbang dan sehat, menyikat gigi, gunakan pasta gigi yang mengandung fluorida hingga hindari merokok atau konsumsi alkohol.

(dra)

[ad_2]

Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *