Connect with us

Hi, what are you looking for?

Ragam

PC PMII Kabupaten Bogor Resmi Memiliki Nahkoda Baru

OBSERVER – Pasca purna dari masa khidmat 2020-2021, PC PMII Kab. Bogor menggelar Konferensi Cabang (Konfercab) yang ke-22 untuk melanjutkan tonggak kepemimpinan demi berlangsungnya roda organisasi.

Dimulai sejak 11 desember 2021 dan berlangsung selama kurang lebih 3 hari, Konfercab PC PMII Kab. Bogor ini dibuka secara langsung oleh Ketua Umum PB PMII, Muhammad Abdullah Syukri di Gedung Pemda Kab. Bogor.

 

Dalam Konfercab yang ke-22 tersebut, telah terjaring 2 kandidat ketua PC dan 1 kandidat ketua PC Kopri. Kandidat pertama ketua PC, Miftahuddin dari Komisariat STIE MBI Bogor. Sementara kandidat kedua, ialah Bella Akbar dari Komisariat Al-Aulia Bogor. Dan yang selanjutnya kandidat PC Kopri tunggal, yaitu Dewi Nur Baiti dari Komisariat UNUSIA Bogor.

Berdasarkan informasi yang penulis himpun dari Ketua Badan Pekerja Konfercab (BPK) PMII Kabupaten Bogor, Lutfi JH, mengatakan bahwa terdapat 9 pihak dari total keseluruhan 6 Komisariat dan 3 Rayon yang memiliki hak untuk mengikuti persidangan Konfercab dan dan hak untuk memilih para kandidat calon.

Menurut Lutfi, “hasil pemeriksaan BPK, berdasarkan Ad/Art dan Peraturan Organisasi PMII, hanya ada 6 komisariat dan 3 Rayon yang melengkapi syarat administratif dan mempunyai legalitas untuk mengikuti Konfercab yang ke-22 ini”.

Pada umumnya, dalam setiap prosesi pemilihan di sebuah organisasi, memang tak bisa dipungkiri, bahwa setiap terjadinya proses pergantian kepemimpinan selalu menimbulkan ketidakcocokan pendapat yang berujung pada cekcok antara para pihak.

Hal demikian pun turut terjadi dalam proses persidangan Konfercab tersebut dan sempat terjadi pertentangan, bahkan menyebabkan beberapa kali untuk di-pending (tunda) sementara oleh BPK. Kejadian tersebut disebabkan karena masifnya praktik saling lempar argumen yang berlangsung selama Konfercab.

Advertisement. Scroll to continue reading.
Baca Juga:   Uji Coba Jalur Road Bike di Sudirman-Thamrin Dimulai di Tengah Penolakan Sejumlah Pihak

Menanggapi hal ini, Demisioner Ketua PC PMII Kab. Bogor (2020-2021), Imam S Wa’di, mengatakan bahwa “dalam iklim demokrasi, berbeda argumentasi adalah hal yang lumrah terjadi”.

Namun, karena terdapat pihak yang kecewa ketika balas-membalas argumen selama proses persidangan, hal ini kian menyebabkan naiknya tensi pihak yang kecewa tersebut. Bahkan, berimbas pada massa yang di luar persidangan, merengsek masuk, hingga menimbulkan suasana yang tidak kondusif dalam persidangan Konfercab.

Hal ini menyebabkan, persidangan Konfercab Ke-22 PMII Kab. Bogor sempat ditunda beberapa jam. Selain itu, terdapat 2 komisariat yang tidak melanjuti Konfercab dengan tanpa ada informasi lebih lanjut. Kendatipun demikian, setelah menimbang dan memperhatikan kelancaran roda organisasi. Tapi, tentu kita tidak ingin proses transisi kepemimpinan berlarut-larut hingga mengganggu berjalannya organisasi pergerakan”.

BPK Konfercab PMII Kab. Bogor kembali melanjutkan proses persidangan walaupun menyisakan 4 Komisariat dan 3 Rayon. Menurut ketua BPK “Keputusan dari kelanjutan Konfercab ini kami tetapkan, karena berdasarkan ketentuan quorum yang termaktub dalam ART PMII BAB XIV tentang Permusyawaratan Pasal 41 (5) dan turut ditegaskan pula dalam Peraturan Organisasi PMII (hasil Muspimnas 2019) Bab V Pasal 10 (6) yang berbunyi (Konfrensi Cabang dapat berlangsung apabila dihadiri oleh 2/3 peserta penuh), serta Ketentuan quorum yang ada dalam Draft Konfercab Ke-22 PC PMII Kab. Bogor”.

Dikarenakan landasan untuk memulai kembali Konfercab sudah terpenuhi, maka dilanjuti dengan pleno persidangan, hingga ke tahap pemilihan ketua PC PMII Kab. Bogor.

Alhasil, setelah proses pemungutan suara, Sahabat Miftahuddin ditetapkan sebagai Ketua PC PMII Kab. Bogor 2021-2022 dengan mengantongi tujuh suara. Sedangkan, Sahabati Dewi Nur Baiti ditetapkan sebagai Ketua Kopri PC PMII Kab. Bogor secara aklamasi.

Baca Juga:   Polres Jaksel Tangkap Pemakai hingga Produsen Tembakau Sintetis

Dalam hasil wawancara pasca ditetapkannya ketua terpilih, Ketua Komisariat Unusia Bogor, Fahri Uki, mengatakan bahwa “Dinamika yang terjadi selama Konfercab merupakan hal yang tidak bisa dihinda

Selain itu, menurut peserta Konfercab dari Rayon Fajrul Falaakh, Zainul Mustafa, mengatakan bahwa “Konfercab memang sudah berakhir, tapi hal ini justru jadi sebuah awalan untuk menstimulus progresivitas PMII di bumi Tegar beriman”.

Kami berharap, semoga dalam Nahkoda Ketua Miftahuddin, dapat meningkatkan produktivitas bagi PMII Kab. Bogor dan tidak lupa akan esensinya sebagai (organisasi) mahasiswa yang salah satunya untuk terus mengawal persoalan sosio-kemasyarakatan di tingkat local maupun nasional.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Click to comment

Lainnya Dari Observer

Entertainment

[ad_1] Baru-baru ini, seorang rookie model asal Korea Selatan telah menarik perhatian netizen karena kecantikan alaminya yang tampak memadukan kecantikan wajah aktris Han So...

Entertainment

[ad_1] Hi, pembaca setia Observer! Tidak terasa hari ini sudah hari Rabu dan saatnya Observer kembali dengan materi baru tentang pembelajaran Bahasa Korea. Jika...

Teknologi

OBSERVR – Tepat pada 4 September 1999 di Dili dan di PBB hasil jajak pendapat masyarakat Timor Timur tentang pilihan untuk menerima otonomi khusus...

Entertainment

[ad_1] Setiap idola pasti memiliki pesona dan karakteristik unik, di mana para penggemar sering menjuluki bias mereka dengan panggilan yang mewakili ciri khasnya masing-masing....

Teknologi

OBSERVER – Pernahkah Anda mendengar Master Online Community? Sesuai dengan namanya, Anda pasti sudah bisa menebak kalau Master Online Community tidak jauh-jauh dari yang...

Politik

Observer – Direktur Eksekutif Indonesian Public Institute (IPI), Karyono Wibowo menilai alasan mendasar Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo mengusulkan Calon Panglima Baru, Jendral Andika...

Ekonomi

Observer – Koneksi tanpa batas melalui teknologi digitalisasi turut mendongkrak peluang bisnis secara global. Kendati demikian, seorang pengusaha ulung harus mahir mempersiapkan strategi saat...

Entertainment

OBSERVER –  Siapa yang tidak kenal dengan Maria Ozawa atau yang akrab dikenal dengan nama Miyabi, publik kembali dibuat penasaran den­gan Maria Ozawa (Miyabi)....

Advertisement
close