Meski Benci, China Berterima Kasih kepada Presiden Taiwan Tsai Ing-wen

Memuat…

BEIJING – Pemerintah Cina pada hari Kamis mengucapkan terima kasih secara tidak langsung kepada Presiden Taiwan Tsai Ing-wen di atas pesan provinsinya terhadap banjir yang menghancurkan di Henan, China tengah.

Partai Komunis China yang berkuasa di China selama ini membenci Tsai yang dianggap sebagai tokoh separatis. Ucapan terima kasihChinamerupakan pertunjukan niat baik yang langka antara Beijing dan Taipei.

Baca juga: Sistem Rudal Buatan Rusia Tembak Jatuh Seluruh Rudal Israel di Homs Suriah

Total 33 orang tewas sejauh ini akibat hujan lebat yang membanjiri provinsi Henan dan ibu kota; Zhengzhou, selama hampir seminggu.

Tsai pada hari Rabu, melalui juru bicaranya, menyatakan harapannya dan mengirimkan belasungkawa para korban, dengan mengatakan harapan kepada kehidupan normal dapat dilanjutkan mungkin.

Cina umumnya memandang Tsai sebagai separatis yang mendeklarasikan kemerdekaan secara resmi untuk pulau yang diperintah secara demokratis yang diklaim Beijing sebagai wilayah Cina.

Dalam sebuah pernyataan singkat, Kantor Urusan Taiwan China menyampaikan terima kasih kepada pihak-pihak terkait di Taiwan. “Dan orang-orang dari semua lapisan masyarakat yang telah menyatakan harapan dan belasungkawa mereka kepada daerah yang dilanda bencana melalui berbagai bentuk,” kata kantor tersebut seperti dikutip Reuters.

Kantor itu juga berterima kasih kepada perusahaan Taiwan karena menyumbangkan uang dan materi untuk bantuan korban bencana.

Johnny Chiang, pemimpin oposisi utama Taiwan Kuomintang, juga menyatakan belasungkawa atas banjir tersebut.

China memutus percakapan formal dengan Taiwan setelah Tsai pertama kali memenangkan pemilu pada 2016, dan sejak itu hubungan tetap.

Baca juga: Pakar Militer: AS Tak Punya Peluang Lindungi Taiwan dari Invasi China

Taiwan telah marah dengan latihan militer China yang berulang di dekat pulau itu, sementara China mengecam Amerika Serikat karena meningkatkan dukungannya untuk Taiwan.

Baca Juga:   Via TikTok, Tentara Cantik Israel Umbar Kebencian terhadap Gerakan Kemerdekaan Palestina

Tsai telah membicarakan agar berbicara dengan China, tetapi membahas tentang dasar dan rasa hormat. China telah menolak tawaran itu.

(menit)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *