Kritikus Musik Beberkan Rahasia BLACKPINK Bisa Sukses Global

Kritikus musik terkenal dari Korea Selatan Kim Young-dae baru-baru ini dimintai tanggapannya tentang kesuksesan BLACKPINK di industri musik dunia.

Dengan hanya satu album studio “The Album” yang dirilis pada Oktober 2020, BLACKPINK mampu menjadi girl group paling populer di dunia saat ini.

“The Album” pun menduduki peringkat ke-5 dalam daftar album terlaris pure sales (album fisik dan download) tahun 2020 yang dibuat oleh International Federation of the Phonographic Industry (IFPI).

Tak cuma itu, keempat member-nya, yaitu Jisoo , Rose , Jennie , dan Lisa juga masing-masing dikontrak sebagai duta (brand ambassador) dari label mewah dunia seperti Gucci dan Chanel.

Kim Young-dae dalam wawancaranya dengan SBS pun mengatakan bahwa kesuksesan tersebut terbantu berkat citra (image) yang berhasil dibangun BLACKPINK.

“Mereka punya kekuatan swag yang kuat, ekstravaganza, dan tampilan mewah. Ini yang membuat mereka menjadi panutan di antara para penggemar K-pop, tak peduli dari mana mereka berasal,” ujar Young-dae, mengutip dari Allkpop.

Menurut kritikus yang juga doktor etnomusikologi dari University of Washington ini, BLACKPINK menancapkan citra mewah tersebut sejak awal debut mereka lewat musik , fashion , dan visual, termasuk video musik mereka.

“Mereka makin menguatkan citra ini dengan berkolaborasi bersama merek-merek mode terkenal. Inilah yang akhirnya melahirkan BLACKPINK seperti yang kita kenal sekarang – citra paling mewah dan fashionable,” kata anggota Selection Committee for Korean Music Awards ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *