Israel Operasikan Skuadron Jet Tempur Siluman F-35 Ketiga, Canggih dan Eksklusif

Memuat…

TEL AVIV – Angkatan Udara Israel (IAF) pada hari Kamis (1/7/2021) resmi mengoperasikan skuadron jet tempur siluman F-35 Adir ketiganya, dengan Pangkalan Udara Nevatim sebagai markasnya.

Upacara peresmian pada Kamis malam dihadiri oleh komandan senior IAF Mayor Jenderal Amikam Norkin dan komandan IAF lainnya.

Baca juga: Mantan Menteri Intelijen Iran: Mossad Sudah Menembus Rezim Teheran

Skuadron baru ini terdiri dari jet tempur siluman F-35 yang canggih dan eksklusif atau satu-satunya di dunia dari meningkatkan F-35 khusus untuk kebutuhan militer negara Yahudi tersebut.

Skuadron baru ini diberi nama Skuadron 117, senama dengan skuadron ikonik IAF—yang telah dibubarkan beberapa bulan lalu—yang memimpin serangan tahun 1981 terhadap reaktor nuklir Osirak di Irak. Skuadron ini pada awalnya hanya akan fokus pada pelatihan pilot.

Skuadron baru ini bergabung dengan dua formasi F-35 yang ada, yaitu Skuadron 140 atau dikenal sebagai “Golden Eagle” yang dibentuk pada tahun 2016, dan Skuadron 116 atau dikenal sebagai “Lions of the South” yang mulai beroperasi pada tahun 2020.

IAF, seperti dikutip Israel Hayom, juga telah memulai pembentukan skuadron jet siluman F-35 keempat.

Baca juga: China Bangun 145 Silo Rudal Balistik Antarbenua yang Bisa Jangkau AS

IAF saat ini memiliki 27 unit jet tempur siluman F-35, yang dikirim sebagai bagian dari kesepakatan 50 unit pesawat yang ditandatangani dengan Amerika Serikat. Pengiriman jet yang tersisa harus diselesaikan pada tahun 2024, dengan enam pesawat diharapkan tiba setiap tahun hingga tahun tersebut.

Israel saat ini sedang menegosiasikan pengadaan 25 unit tambahan tempur jet F-35.

(menit)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *