Industri Otomotif AS Ingatkan Dampak Krisis Chip Semikonduktor

OBSERVER – Grup industri otomotif Amerika Serikat (AS) meminta pemerintah membantu sekaligus mengingatkan dampak akibat dari krisis chip semikonduktor global.

Hal itu akan berpengaruh terhadap lebih dari 1,28 juta unit kendaraan yang diproduksi tahun ini, dan dapat menggangu produksi selama enam bulan ke depan, seperti dikutip dari Reuters, Selasa (/6/4/2021).

Departemen Perdagangan AS harus mengalokasikan sebagian dana dalam RUU yang diusulkan untuk memperluas produksi semikonduktor di AS untuk memenuhi kebutuhan industri otomotif, Alliance for Auto Innovation mengatakan dalam tanggapan tertulis atas tinjauan yang diprakarsai pemerintah.

Presiden AS Joe Biden pada Februari memerintahkan beberapa tindakan agen Federal untuk mengatasi krisis chip semikonduktor dan juga mencari pendanaan sebesar US$37 miliar untuk undang-undang guna meningkatkan produksi chip semikonduktor di Negara Paman Sam itu.

“Beberapa pendanaan harus digunakan untuk membangun kapasitas baru yang akan mendukung industri otomotif dan mengurangi risiko terhadap rantai pasokan otomotif yang dibuktikan dengan kekurangan chip saat ini,” tulis kepala eksekutif grup, John Bozzella.

Grup otomotif itu mengatakan pemerintah AS dapat menentukan “persentase tertentu, yang secara wajar didasarkan pada proyeksi kebutuhan industri otomotif, dialokasikan untuk fasilitas yang akan mendukung produksi chip untuk mobil kelas atas dengan cara tertentu.”

Grup ini mewakili hampir semua produsen mobil besar dengan pabrik di AS termasuk General Motors Co, Ford Motor Co, Volkswagen AG, Toyota Motor Corp dan Hyundai Motor Co.

Produsen mobil sangat terpukul oleh kekurangan chip global setelah banyak pesanan yang dibatalkan ketika pabrikan mobil menghentikan produksinya selama pandemi virus corona (Covid-19).

Ketika mereka siap untuk memulai kembali produksi, mereka menemukan pembuat chip sibuk memenuhi pesanan untuk industri elektronik. Hal ini membuat sebagian besar produsen mobil dilanda krisis chip semikonduktor.

Baca Juga:   Robot ASIMO dan Cikal Bakal Teknologi Pintar Honda

Dalam pengumuman baru-baru ini, Ford mengatakan pekan lalu akan memangkas produksi di tujuh pabrik perakitan Amerika Utara, sementara Kia Motors mengatakan memangkas dua hari produksinya di pabrik mereka di Georgia.

close