Hindari Pemudik, Layanan KA Antar-Kota Tidak Dioperasikan

OBSERVER – Kementerian Perhubungan (Kemhub) meniadakan layanan operasional kereta api (KA) antarkota pada periode mudik Lebaran 2021.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Perkeretaapian Kemhub Danto Restyawan menyebutkan, peniadaan layanan KA antarkota ini sebagai tindak lanjut dari larangan mudik pada 6-17 Mei 2021. “Layanan KA antarkota ditiadakan, jadi tidak ada operasional KA untuk penumpang yang melayani perjalanan antarkota,” ucap Danto Kamis (8/4/2021).

Namun untuk layanan KA di perkotaan Danto menjelaskan, masih tetap beroperasi dengan adanya pembatasan jam operasional dan langkah preventif dalam pengendalian penumpang. “Ada beberapa layanan operasional KA yang dikecualikan, seperti KA luar biasa yang diperuntukan untuk mengangkut barang logistik,” ucap Danto.

Adapun untuk menindaklanjuti peniadaan mudik, Kemhub menerbitkan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) No. 13 Tahun 2021 tentang Pengendalian Transportasi Selama Mudik Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah dan Upaya Pengendalian Covid-19 Selama Bulan Suci Ramadhan 1442 Hijriah.

close