Ford Gandeng McD Kerjasama Buat Headlamp Dari Biji Kopi

OBSERVER – Kopi selain buat gaul dan gaya hidup, ternyata makin banyak juga kegunaannya. Salah satunya ketika biji kopi bisa digunakan untuk membuat headlamp pada sebuah mobil.

Apa? bikin lampu mobil dari biji kopi? Yess, itulah yang dilakukan Ford Motor Company yang menggandeng restoran cepat saji McDonald (McD) untuk memproduksi komponen kendaraan secara komersil.

Ford meminta McD untuk memasok sekam kopi alias kulit biji kopi yang terlepas selama proses pemanggangan untuk memproduksi lampu depan (headlamp) dari limbah tersebut.

Ford diklaim Debbie Miewelski, Senior Technical Leader of Materials Sustainability Ford, telah mengembangkan materi yang inovatif dan berkelanjutan untuk menciptakan komponen kendaraan yang diproduksinya.

Selama ini Ford menggunakan plastik dan talc untuk membuat headlamp. Ke depannya, Ford akan memanfaatkan bahan baku sekam kopi untuk memproduksinya karena lebih ringan dan tidak merusak lingkungan.

“Sekam kopi banyak tersedia, dan banyak yang terbuang sia-sia. Akhirnya, Ford berharap bisa memasukkan bahan tersebut ke headlamp dan menggunakannya untuk lebih banyak komponen lain,” ujar Miewelski.

Ujicoba pemanfaatan sekam kopi untuk produksi headlamp telah dilakukan Ford sejak beberapa tahun lalu.

Selain sekam kopi, Ford menurutnya juga sudah mampu memproduksi busa jok mobil menggunakan limbah kedelai, gandum, kelapa, tomat, dan tanaman lain.

“Jika Anda datang ke lab kami, bisa dilihat tempat itu lebih mirip tempat pembuangan sampah dan sebuah peternakan,” tambah Miewelski.

Keputusan Ford untuk memanfaatkan limbah sekam kopi karena melihat konsumsi minuman tersebut sangat banyak belakangan ini.

“Ketika Ford datang mendekati untuk sekam kopi beberapa tahun yang lalu, kami akhirnya dapat mempertimbangkan cara lain untuk membuat bisnis kopi menjadi lebih hijau dari yang kami lakukan sebelumnya yaitu membuat cangkir daur ulang,” kata Senior Director of Global Sustainability McDonald’s, Ian Olson.