Ekspansi ke Malaysia, Jet Commerce Libatkan Talenta Lokal

OBSERVER – Perusahaan e-commerce enabler Jet Commerce resmi berekspansi ke Malaysia. Sebelumnya, perusahaan ini sudah melebarkan sayap ke Thailand, Vietnam, Filipina, dan Tiongkok. Pendiri dan CEO Jet Commerce Oliver Yang menyampaikan, Malaysia merupakan pasar penting bagi bisnisnya.

“Sejak didirikan pada awal 2017, kami ingin menjadikan Jet Commerce sebagai perusahaan e-commerce enabler terpercaya dan paling dapat diandalkan di Asia Tenggara,” tuturnya.

Malaysia adalah negara dengan tingkat penetrasi internet tertinggi di Asia Tenggara, yakni 82,3%. Laju pertumbuhan majemuk tahunan (Compound Annual Growth Rate) industri e-commerce Malaysia pun cukup menjanjikan. Berdasarkan laporan JP Morgan, peningkatan diprediksi mencapai 17% dari 2020 hingga 2023. Kondisi ini dinilai akan menarik berbagai brand global untuk masuk dan turut menggarap pasar e-commerce Malaysia.

Namun, menurut Oliver, untuk memenangkan pasar e-commerce tidak hanya melalui pembukaan official store di marketplace. Banyak hal yang harus diinvestasikan mulai dari strategi, marketing, hingga operasional, yang mengacu pada kondisi pasar e-commerce di negara tersebut.

“Dibutuhkan talenta spesialis kompeten untuk setiap ekspansi kami. Untuk itu, kami pastikan untuk membangun sumber dayanya terlebih dahulu. Dalam hal ini, kami memanfaatkan talenta lokal di setiap negara di mana kami hadir,” tambah Oliver.

Menurutnya, upaya ini tidak hanya memudahkan komunikasi dengan mitra setempat, tetapi juga karena talenta lokal lebih memahami pasar dan budaya lokal.

Jet Commerce telah mempersiapkan pondasi awal bisnisnya di Malaysia sejak akhir tahun 2019 guna memuluskan rencana ekspansinya ke negara tersebut. Dengan jangka waktu persiapan yang singkat, kini Jet Commerce Malaysia yang berlokasi di Kuala Lumpur telah secara aktif melakukan rekrutmen karyawan. Rekrutmen ini dilakukan untuk membentuk enam departemen di dalamnya, yakni departemen Operations, Account, Designer, Marketing, Customer Service, & Human Resource.

Baca Juga:   Larangan Mudik dan Transmisi Internal

Sejak tahun lalu, Jet Commerce Malaysia berfokus untuk menjalin kemitraan dengan berbagai platform e-commerce di Malaysia, seperti Akulaku Malaysia, Shopee Malaysia, dan Lazada Malaysia, brand gadget OPPO, brand home living Bialetti, brand elektronik Paperang, dan Y.o.u.

Hingga akhir 2020, Jet Commerce Malaysia telah mencatatkan total penjualan sebanyak lebih dari 26 ribu pesanan untuk produk – produk mitra brandnya, dengan nilai transaksi mencapai lebih dari US$ 16 juta.

close