Diabetes Tipe 2, 8 Reaksi Tubuh Saat Gula Darah Rendah

[ad_1]

loading…

JAKARTA Gula darah rendah atau hipoglikemia dapat terjadi ketika seseorang dengan diabetes tipe 2 telah mengambil terlalu banyak insulin. Indikasi awal hipoglikemia dapat dirasakan di seluruh tubuh.

Salah satu reaksi tubuh terhadap hipoglikemia adalah berkeringat. Indikasi lain gula darah rendah adalah rasa pusing. Petunjuk lain dari kondisi tersebut termasuk merasa lelah dan lapar, yang dapat membuat seseorang lebih mudah tersinggung, menangis, cemas atau murung.

Dilansir dari Express, Kamis (24/6) orang yang menderita gula darah rendah biasanya juga mengalami bibir kesemutan, atau merasa gemetar hingga detak jantung yang cepat atau berdebar serta pucat.

Baca Juga : 3 Olahraga untuk Pasien Diabetes Tipe 2 Cegah Gula Darah Tinggi

Jika gula darah rendah tidak diatasi, dapat menyebabkan gejala lain, seperti lemah, penglihatan kabur, kebingungan atau kesulitan berkonsentrasi, perilaku yang tidak biasa, bicara cadel atau kecanggungan (seperti mabuk), merasa ngantuk, kejang dan pingsan.

Jika hipoglikemia terjadi saat Anda tidur, Anda mungkin terbangun di malam hari dengan sakit kepala, merasa lelah, dan seprai dalam keadaan basah. Sprei akan lembab karena banyaknya keringat yang keluar di malam hari.

Angka gula darah rendah dianggap kurang dari 4mmol/L, yang dapat diatasi dengan minum minuman manis atau makanan ringan. Contohnya termasuk segelas kecil jus buah, atau segenggam manisan.

Baca Juga : Viral Wajah Pria Bengkak Setelah Divaksin CoronaVac, Ini Penjelasan Kemenkes

Jika Anda merasa lebih baik setelah 10 hingga 15 menit setelah minum jus buah atau segenggam permen, disarankan untuk makan karbohidrat seperti sepotong roti atau roti panggang, beberapa biskuit, atau susu sapi.

(dra)

[ad_2]

Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *