Bukalapak Dorong Alumni Kartu Prakerja Jadi Wirausahawan

OBSERVER – Bukalapak meluncurkan Kartu Prakerja Business Hub yang bertujuan untuk memfasilitasi para alumni program Kartu Prakerja untuk memulai bisnis digital dengan bergabung di ekosistem platform Bukalapak.

Inisiatif ini juga diharapkan dapat menumbuhkan para wirausahawan baru sehingga turut meningkatkan kesejahteraan para peserta program Kartu Prakerja. Bukalapak Kartu Prakerja Business Hub dirancang untuk mendampingi alumni yang memiliki keinginan untuk berwirausaha.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia Airlangga Hartarto mendukung kehadiran Bukalapak Kartu Prakerja Business Hub ini. Menurutnya, kolaborasi ini bisa memfasilitasi para alumni Kartu Prakerja untuk menjadi reseller sekaligus wirausaha yang menciptakan produk dengan merek yang dapat mendukung kampanye Bangga Buatan Indonesia.

“Selain itu, wirausaha baru alumni Kartu Prakerja dapat diberikan pengenalan terkait dengan kewirausahaan maupun business matching, tetapi juga dapat disinergikan dengan program pembiayaan yang mudah dan murah melalui sinergi dengan Bukalapak dan Prakerja KUR Super Mikro serta KUR Reguler,” katanya.

Inisiatif tersebut juga disambut baik oleh Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Denni P. Purbasari yang melihat program ini sebagai sebuah kesempatan bagi para alumni untuk memulai wirausaha. CEO Bukalapak Rachmat Kaimuddin menambahkan, program Kartu Prakerja telah mendigitalisasi jutaan orang dan membawa mereka mendapatkan pengalaman bertransaksi secara digital. Jumlah peserta yang mengambil kelas digital marketing juga tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa banyak orang yang tertarik untuk berjualan secara daring.

“Akhirnya, kami terinspirasi dan terdorong untuk membuat Kartu Prakerja Business Hub ini. Diharapkan dengan hadirnya inisiatif dari kami ini, semakin banyak wirausahawan online baru yang lahir di Indonesia dan semoga menjadi entrepreneur sukses,” ujar Rachmat.

close