September 28, 2020
TCS iON

Akses Gratis TCS iON Digital Glass Room, Platform Pembelajaran Virtual

 


Observer, Jakarta – Tata Consultancy Services (TCS), perusahaan layanan, konsultasi dan solusi bisnis TI terkemuka, telah mengumumkan untuk  menawarkan akses TCS iON Digital Glass Room, platform pembelajaran virtual, secara gratis untuk institusi pendidikan di seluruh Indonesia, dalam rangka mendukung ketentuan pendidikan dalam membantu pelajar belajar di rumah selama pandemi global COVID-19.

Karena COVID-19 menyebar di seluruh dunia, para guru, dosen, siswa dan mahasiswa bergegas untuk menciptakan cara supaya tetap dapat melanjutkan kelas seperti biasa meski terkena dampak karantina wilayah dan aturan jaga jarak.

Prinsip utama TCS adalah komitmen untuk meningkatkan kehidupan masyarakat di mana kami berada. TCS iON, unit strategis dalam TCS, mengidentifikasi adanya kebutuhan yang mendesak akan akses teknologi pada sektor pendidikan di Indonesia, untuk mendukung para guru, dosen, siswa dan mahasiswa yang terpengaruh oleh pandemi global, dan kami telah mulai mengenalkan teknologi ini ke berbagai organisasi serta memberikan akses gratis TCS iON Digital Glass Room.

Platform ini memungkinkan para guru, dosen, siswa dan mahasiswa untuk terhubung pada lingkungan virtual yang aman, di mana sekolah atau universitas dapat dengan cepat beralih dari ruang kelas fisik ke ruang kelas digital. Guru dan dosen dapat terhubung dengan siswa dan mahasiswa secara langsung dengan membagikan mata pelajaran sekolah atau kuliah, video, lembar kerja siswa/ mahasiswa, tugas dan penilaian, sambil menggunakan metode interaktif seperti pemungutan suara, debat, kuis, survei, dan lainnya.

Dengan TCS iON Digital Glass Room, guru dan dosen dapat memanfaatkan format yang mudah digunakan untuk pengumpulan data pendidik dan peserta didik di setiap ruang kelas dan untuk mendapatkan informasi tentang perkembangan pembelajaran dan perilaku peserta didik melalui analitik.

Baca Juga:   Tingkatkan Kualitas, UNS Kerjasama Dengan IPDM dan UUM Malaysia

Country Head TCS Indonesia, Bhavin Zaveri mengatakan, “Para pendidik di Indonesia sekarang dapat memanfaatkan disrupsi teknologi untuk mengubah pendidikan melalui pembelajaran online tanpa terputus selama pandemi yang saat ini terjadi. Guru, dosen, siswa dan mahasiswa dapat terus memanfaatkan teknologi digital untuk memfasilitasi lingkungan belajar dan mengajar virtual dan tetap melanjutkan kurikulum mereka baik saat pandemi maupun di kemudian hari.”

“Kebutuhan yang saat ini diperlukan adalah alat untuk membantu mengintegrasikan pembelajaran online dengan pembelajaran di dalam kelas dengan meningkatkan ilmu pengajaran (pedagogi) dengan intervensi digital. Jalur digital ini akan dapat membantu menyiapkan siswa/ mahasiswa untuk jenis pekerjaan yang baru muncul di lapangan kerja setelah COVID-19. Pada saat beralih ke kelas virtual, guru dan dosen juga harus mengimplementasikan strategi pembelajaran interaktif yang baru, penilaian dengan pengawasan, dan penilaian dengan jarak jauh sambil tetap memastikan privasi online para pemangku kepentingan tetap terjaga,” tambah Bhavin.

Setiap pengajar/fakultas akan memiliki akses ke video nano yang menjelaskan cara penggunaan platform, dan tips dan trik untuk menyampaikan konten pembelajaran ke pelajar.

TCS iON Digital Glass Room juga telah terintegrasi dengan 2 platform konferensi pihak ketiga. Kemampuan platform konferensi ini dapat diakses secara mudah melalui platform TCS iON.

Hanya memerlukan 3 langkah mudah ini untuk mendapatkan akses TCS iON Digital Glass Room:

  1. Kunjungi https://learning.tcsionhub.uk/organisation/intl-glass-room/
  2. Daftarkan sekolah/universitas anda dengan meng-klik pilihan “Daftarkan Sekolah Anda” atau “Daftarkan Universitas Anda”
  1. Ajukan permintaan anda dan anda akan menerima email pada akun email terdaftar yang akan menjelaskan informasi tambahan terkait kebutuhan untuk mempersiapkan TCS iON Digital Glass Room anda.

Untuk kemitraan, dapat menghubungi shashwat.rai@tcs.com.

Tentang Tata Consultancy Services Ltd (TCS)

Tata Consultancy Services merupakan perusahaan penyedia jasa, konsultasi dan solusi bisnis TI yang telah bekerja sama dengan banyak perusahaan besar di dunia dalam melakukan perjalanan transformasi selama lebih dari 50 tahun. TCS menawarkan layanan dan solusi teknologi dan juga teknis dengan mengutamakan konsultasi, teknologi kognitif, portofolio bisnis terintegrasi. Semuanya diberikan melalui model penyelesaian layanan atau solusi dengan Location Independent AgileTM  yang unik, dan dikenal sebagai acuan keunggulan pada pengembangan perangkat lunak.

Baca Juga:   Laporan Sebut 97% Populasi di Indonesia Adalah Pengguna Internet

Sebagai bagian dari Tata Group, grup bisnis multinasional terbesar di India, TCS memiliki lebih dari 443.000 konsultan terlatih terbaik dunia yang tersebar di 46 negara. TCS menghasilkan pendapatan keseluruhan sebesar USD 22 Miliar pada tahun fiskal yang berakhir pada 31 Maret 2020, dan terdaftar pada BSE (sebelumnya dikenal sebagai Bombay Stock Exchange) dan NSE (National Stock Exchange) di India. Sikap proaktif TCS pada perubahan iklim dan berbagai kegiatan komunitas di seluruh dunia membawa banyak penghargaan serta menempatkan posisi TCS dalam indeks terkemuka seperti Dow Jones Sustainability Index (DJSI), MSCI Global Sustainability Index dan the FTSE4Good Emerging Index. Untuk info lebih lanjut, kunjungi www.tcs.com.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

Fima Rosyidah

T: 0817 400 559

E: fima@fokustarget.com


Photo Credit: Platform Tata Consultancy Services iON Digital Glass Room