5 Cara Agar Minyak di Area T-Zone Terkontrol

[ad_1]

loading…

JAKARTA – T-zone yaitu bagian dahi dan hidung merupakan area yang paling gampang berminyak. Maka itu, komedo hingga beruntusan sering terjadi pada area tersebut.

Masalah kulit ini bisa membuat rasa percaya diri jadi berkurang. Selain tidak enak dipandang, Anda juga akan merasakan gangguan kulit lain. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Apakah ada perawatan khusus agar T-zone tidak bermasalah?

Baca Juga: Tak Sekadar Obati Luka, Ini 5 Manfaat Lain Antiseptik Betadine

Melansir laman Healthline, Kamis (17/6), berikut lima cara supaya area kulit Anda itu tetap terjaga dan terawat.

1. Cuci Muka Tiap Hari

Salah satu cara terbaik untuk mengontrol T-zone yang berminyak adalah dengan mencuci muka secara teratur. Hal ini dapat menghilangkan kelebihan sebum, bersama dengan sel kulit mati, bakteri, dan kotoran.

Waktu-waktu yang tepat untuk mencuci muka adalah pagi hari, setelah bangun tidur, setelah berolahraga atau berkeringat, dan malam hari sebelum tidur.

Cuci wajah Anda dengan lembut, terutama jika Anda memiliki jerawat aktif. Menggosok kulit dengan kuat dapat menyebabkan kemerahan dan iritasi.

2. Gunakan Pembersih yang Lembut

Memilih pembersih yang tepat adalah kunci untuk mengontrol minyak yang ada di T-zone. Cari pembersih wajah yang bebas minyak, noncomedogenic (artinya dirancang untuk tidak menyumbat pori-pori), dan berbusa.

Hindari sabun wajah yang keras, terutama yang mengandung alkohol. Produk yang mengandung alkohol dapat mengeringkan kulit sehingga kelenjar sebaceous memproduksi lebih banyak minyak.

3. Oleskan Pelembab Tiap Hari

Jika Anda memiliki T-zone berminyak, mungkin akan sedikit ragu menggunakan pelembab. Tapi, ini adalah langkah penting untuk melembabkan di saat wajah berminyak.

[ad_2]

Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *