2 Warga Madura yang Terinfeksi COVID-19 Delta di RSLI Dinyatakan Sembuh

[ad_1]

SURABAYA – Dua warga Madura yang terinfeksi COVID-19 varian Delta asal India sembuh. Dua orang laki-laki itu sembuh setelah dua pekan lebih menjalani perawatan dirawat di Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) Surabaya.

“Dari empat orang yang dirawat, dua pasien COVID-19 varian delta itu sembuh, sudah pulang,” kata Penanggung Jawab RSLI Surabaya, Laksma TNI I Dewa Gede Nalendra, dikonfirmasi, Selasa, 22 Juni 2021.

Menurut Nalendra, dua pasien yang dipastikan sembuh itu berdasarkan hasil tes Swab PCR negatif. Keduanya sempat mengalami gejala ringan saat pertama kali dirawat di RSLI. Misalnya seorang pasien asal Bangkalan mengalami gejala seperti meriang, dan satu warga Sampang mengalami gejala panas. 

“Tapi gejalanya ringan, dan keduanya tidak punya komorbid,” katanya. 

Dengan kesembuhan dua pasien varian delta itu, Nalendra mengimbau kepada masyarakat tidak perlu takut. Yang terpenting, kata dia, masyarakat harus tetap waspada dan disiplin protokol kesehatan (prokes) secara ketat, seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan. 

Apalagi, kata Nalendra, tipologi varian delta penularannya lebih cepat menyebar, lebih cepat daya rusaknya, apabila tidak segera ditangani. “Makanya, mari kita semua tetap jaga prokses, mengurangi mobilitas dan menghindari makan bersama, adalah langkah yang harus dijalankan selama pandemi belum berakhir,” ujarnya. 

Sementara bagi pasien COVID-19 yang sembuh, Nalendra berpesan agar selalu menjalankan prokes secara konsisten. Kemudian berusaha menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh melalui makanan bergizi, dan vitamin. 

“Terutama makanan yang bersumber dari buah-buahan. Lalu istirahat saat badan mulai terasa lelah, baik fisik maupun pikiran atau mental,” katanya.

 

 



[ad_2]

Sumber Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *